Cara Mengakses File Android Dari Komputer Melalui Nirkabel Dengan Aplikasi ES File Explorer



Perkembangan dunia teknologi sekarang semakin berkembang, banyak inovasi yang dihadirkan  oleh para pelaku teknologi dan ini membuat teknologi handphone semakin berkembang. Dengan hadirnya perangkat Android yang sedang booming belakangan ini, banyak developer aplikasi yang membuat program yang bisa dijalankan di handphone salah satunya adalah penggunaan teknologi FTP. Biasanya, dalam  aktivitas transfer data dari handphone ke PC lumrahnya menggunakan kabel USB agar dapat terhubung ke PC. Namun kini terdapat teknologi yang lebih efisien dan mudah dalam menggunakannya yaitu FTP (File Transfer Protocol).
Banyak aplikasi FTP yang tersedia di internet, salah satunya adalah ES File Explorer. Aplikasi ini tersedia dalam versi Pro dan biasa. Saat ini saya menggunakan ES File Explorer Pro karena fiturnya yang banyak dan memiliki banyak keunggulan. Silahkan Anda cari di Google Search untuk mendapatkan versi Pro secara gratis.
Berikut adalah langkah-langkahnya:
#1 – Di Android
1.      Pastikan perangkat Android sudah terpasang aplikasi ES File Explorer Pro dan perangkat PC sudah tersambung dalam satu jaringan dan, bisa menggunakan hotspot tertentu atau nyalakan hotspot di perangkat Android Anda.

2.      Buka aplikasi ES File Explorer Pro, kemudian klik icon  pada pojok kiri halaman awal, kemudian pilih “Pengelola Remot” pada menu Jaringan dan hidupkan pengelola remote




                              
3.      Setelah menghidupkan pengelola remot, akan muncul alamat FTP yang bisa diakses melalui perangkat lain yang terhubung dalam satu jaringan. Catat alamat ftp://192.168.43.1:3721/ untuk kemudian mengaksesnya melalui PC.
#2 – Di Komputer atau Laptop
1.      Pastikan PC terhubung dalam satu jaringan, kali ini saya menggunakan hotspot Android yang sudah dinyalakan.




2.      Setelah terhubung, kita akan mengaksesnya melalui Windows Explorer yang sudah ada di PC, ketikkan alamat ftp://192.168.43.1:3721/  pada kolom atas yang tersedia kemudian enter. Sebenarnya dalam mengakses FTP kita juga bisa menggunakan aplikasi browser seperti Mozilla atau Chrome, namun jika menggunakan Windows Explorer kita bisa mengcopy-paste, menghapus dan perintah umum yang ada.


3.      Handphone pun sekarang sudah terhubung dengan PC dan bisa melakukan aktivitas sumberdata tanpa menggunakan kabel USB.

Dengan adanya aplikasi ini, dapat mempermudah kita dalam mentransfer data dari hp ke komputer. Selain bisa digunakan untuk jaringan LAN,ada beberapa fitur yang menarik di aplikasi ini seperti hak akses root dan aplikasi ini sangat cocok sebagai file manager di handphone Android karena mudah dalam penggunaannya. Namun kekurangan dari metode ini adalah tingkat keamanannya yang rendah karena siapapun yang terhubung dapat mengakses FTP secara bebas dan dalam penggunaan jaringan nirkabel rawan sekali dengan penyusupan/pembobolan oleh hacker dengan cara tertentu.

Karya tulis ini ditulis oleh Safri Ardiyanto sebagai hak penulis legal dan barang siapa yang menyalin, memperbanyak, atau pun mempublikasikan harus dengan izin penulis.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter